Kamis, 22 Januari 2015

TIPS Terhindar Membeli Kosmetik Palsu, Abal-abal, Replika, dan KW !

     Hello cynt's ! beberapa waktu lalu saya tiba-tiba keinget jaman-jamannya saya dulu udah suka kosmetik tapi masih polos pengetahuannya mengenai kosmetik, nah saya inget itu ketawa-ketawa sendiri jadinya, mana saya masih anak remaja yang baru beranjak dewasa dan juga pengen kosmetik tapi belinya cari dengan embel-embel murah terus searching di google, maklum anak sekolah uang kumpulan jajan jadi terbatas mau beli berbagai macam kosmetik mah hehe :D. Ternyata dari beberapa kosmetik yang pernah saya minati dulu, ternyata kosmetik PALSU duh pusiiing pala barbaritaa cynn~ ! sekarang kalau inget itu kasian banget saya, pengen murah ternyata palsu kirain asli....

     Engga dipungkiri lagi yang namanya orang masih awam di kancah perkosmetikan sering tertipu, salah beli, salah pilih, salah...dan...salah..salah serba salah....itu wajar kok, namanya juga masih awal-awal, yang sudah mengenal kosmetik lama aja bisa tertipu juga. Belakangan ini dunia perinternetan suka bikin penggunanya mupeng liat bertebaran kosmetik yang dijual dengan berbagai bentuk dan kegunaan *TermasukSaya* jadilah online shop, kemudahan dalam berbelanja tinggal tanya->pilih->dan beli, abis itu tinggal tunggu aja paket sampai dirumah, kemudahan yang seperti itu yang bikin para penikmat kosmetik makin gemesyy-gemessy mau beli terus, dari yang muda sampai yang tua.
sumber : TheJakartaPost.com
    Tapi sayang, semakin bertebran juga oknum yang mencari peluang ini dengan cara menjual produk Palsu, Abal-abal dan juga ada juga yang masih baik hatinya tapi tetep pengen jual kosmetik Palsu dengan embel-embel Replika dan KW, ya secara tersirat mereka memberitau peminatnya kalau "Sis, ini palsu"tapi dalam hati dan dituangkan dengan judul di pajangnya "Yuk Sis, dibeli ini Replika Brand terkenal Urban Decay yang lagi hits lho" ya...ya...ya..yang awam mah cuma bisa tertegun "Wah...! asik ini Urban Decay yang mahal itu kan, wah asik Online Shop ini murah banget!" langsung deh beli, eh abis udah dapet barangnya di bandingin sama punya Urban Decay punya temennya ternyata PALSU !*Jgerrr* muka memerah kaya udang rebus malu, dan langsung protes sama online shopnya, padahal dia si pembeli juga salah udah dikasih embel-embel "REPLIKA" itu bahasa halusnya PALSU cynn~ . nah jangan sampai kedepannya para readers ngerasain beli kosmetik kaya gini nih ^_^

     Nah...saya disini engga menjabarkan produk-produk apa saja yang dipalsukan, ini Tips keseluruhan entah makeup, entah skin care apapun itu yang produknya memang engga di produksi sama Brand aslinya, yang akhirnya digunakan namanya oleh si kosmetik palsu ini.

Alasan Kenapa Harus Beli yang Asli ?
Brand Asli : Produk yang mereka jual dipertanggung jawabkan, karena sebuah Brand Besar dan terkenal engga akan mau mengorbankan nama besarnya demi keuntungan semata tanpa melihat dampak buruk kedepannya para costumer, dan biasanya mereka juga berani membayar artis ternama, yang sudah terkenal untuk mempromokan produk mereka.
Produk Palsu : Produk yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, karena mereka hanya menjiplak nama sebuah brand ternama yang sudah dikenal agar mudah dijual dengan harga yang jauh lebih murah, tapi komposisi yang digunakan engga bisa dipertanggung jawabkan kalau berdampak buruk sama costumernya..., ya iya nama brand aja nebeng brand terkenal, yang copy bukan satu tempat  banyak cabangnya, ga ketauan deh siapa yang bikin produk palsu itu.

Kosmetik palsu: 
 "Sis ini ori ngga sis eyeshadownya?murah banget ya..."
"Ori kok sis, ia sis langsung ke distributor utamanya ini lhoo makannya murah jadinya"
Penjual kosmetik palsu ini engga akan jujur bilang produknya bahwa palsu, ya cuma cari untung aja yang penting laris manis, alhasil kena deh korbannya buat beli. Kosmetik palsu juga makna luasnya, semua produk kecantikan Branded yang di duplikat dan dijidikan produk kosmetik dengan harga jauh lebih murah jadinya ya palsu. 

Kosmetik Abal-abal:
 "Sis, ini bisa buat mutihin cepat gitu ya sis?buatan mana?"
"iya sis, cuma sebulan bisa putih lho, buatan korea lagi banyak yang pakai, terkenal juga dikorea"padahal setelah diusut engga ada itu dikorea produknya, dan kalau dilihat tulisannya tulisan huruf cina malah.
Kata-kata abal-abal ini sih bisa juga bahasa gegaulannya orang indonesia juga yang bilang kosmetik palsu, tapi ini ada bedanya lagi menurut penafsiran saya, misal produk yang nama produk engga jelas, ditanya ke penjual atau disearching di website resminya engga ada, alamat pembuatannya engga tertera, kalau saya sebut sih "Produk diam-diam menghanyutkan" lebih mencekam produk ini hihi.

Kosmetik Replika/KW:
seller"yuk sis cek IG kita, dijual Replika Urban Decay harga termurah se IG"
"yuk, sis dijual Urban Decay KW super, Pigmented, lagi booming banget nih, harga jauh lebih murah dari yang lain"
Saya mah cuma nyengir aja sih kalau suka liat iklannya begitu, tapi lebih berperi kemanusiaan penjualnya ini, karena kasih kode sebenernya kalau produknya yang dia jual iya palsu, cuma bahasanya di bikin kode-kode gitu jadi Replika dan KW super biar pembeli kalau protes pas udah beli, ga bisa di salahin si penjual, kan udah dikasih tau itu produknya Replika/KW makna sesungguhnya PALSU :D. Mbok yo masa brand terkenal mau bikin produk nanggung-nanggung pake super super segala.

     Bahasa-bahasa para penjual ya macam-macam ada yang mau ngaku biar engga bikin perkara disebutlah Replika dan KW, ada yang engga mau ngaku kekeuh kalau itu asli cuma dijual jauh jatuh lebih murah.

Macam-macam Palsu Pengamatan Saya :
Nih saya mau golongin palsu menurut ala gaya bahasa saya sendiri,bingung mau jabarinnya pake kata-kata apa tapi ada palsu jenis ini juga, jadi tolong jangan di ketawain ya, ketawa boleh tapi jangan ketauan saya ya hehe :D

Palsu Kelas Alay:
     Ini sih palsu yang bikin saya ngakak kalau liat produknya, entah dia khilaf atau maksa nebeng terkenal di nama Brand tertentu. misal saya nemuin bedak dan Lipstick Pond's di internet, dengan pedenya menjual bedak dan lipstick ber merk Ponds padahal ponds sendiri engga jual produk berupa bedak dan lipstick, dan masih banyak contoh lainnya. Engga tau deh tipe yang seperti ini, yang bikin sepertnya motif nebeng tenar nama brandnya aja hihi

Palsu Kelas Ringan:
     Ini tipe palsu yang orang awam baru kenal kosmetik pun yang udah kenal Brand kosmetik  tau kalau produk itu Palsu, misal harga 1 buah Lipstick NYX harga aslinya Rp.90.000 eh di jual sama toko/OL Shop kosmetik lain Rp 120.000/12buah, nah ini kelas ringan nih, karena orang awam pun setidaknya tau kalau itu palsu, wong harganya nyungsep banget bedanya :D

Palsu Kelas Berat:
     Ini tipe palsu yang bingungin, orang yang udah ahli di bidang kosmetik juga bisa ketipu nih, biasanya penjual ini menjual barang lebih murah dari Brand aslinya tapi engga jatuh dan nyungsep banget kaya yang diatas, untuk menghindari kecuriaan calon pembeli dijual dengan harga yang beda tipis, misal Eyeshadow A aslinya dijual Rp 750.000 tapi dijual sama penjual itu jadi Rp 650.000 bilangnya ini stok langsung ke distributor resminya, nah ini dari yang saya amati diberbagai forum dan keluhan orang-orang yang ngerasa ketipu itu, dia membeli produk yang tipe KW jadi kemasan dan isi dibuat semirip mungkin sama yang asli dan harus mendetail mengetahui itu asli atau engga, jadi bisa dibilang jatuhnya kaya penipuan banget karena engga bilang itu Replika/KW tetap menyatakan itu original, duh ngenes lah udah mahal-mahal niat pengen beli produk asli, taunya dapet palsu.
 
Kalau kamu mau berbelanja kosmetik entah mau ke Toko Kosmetik atau Online Shop semua harus tetap diperhatikan, biar jangaan sampai kecewa dan menggerutu emosi sendiri :D, berikut Tips Terhindar Membeli Kosmetik Palsu:

Tempat Membeli Kosmetik
     Ini awal yang perlu diperhatikan, Toko Kosmetik pun juga ada yang palsu, jadi kalau mau beli dilihat dulu barangnya jangan asal beli, nah kalau yang suka berburu Online Shop engga dipungkiri toko online yang dasarnya e-commerce pun ada yang palsu lho, istilah kata e-commerce itu Mall nya belanja Online, jadi satu buah website besar dengan berbagai macam barang lengkap banget kalau kita lihat, tapi yang jual bukan satu macam orang, tapi beribu orang yang numpang jualan di website itu, makannya kenapa ada yang murah harganya jatuh ada yang tetap harga normal, jadi harus tetap hati-hati walaupun website itu terkenal, karena sifatnya e-commerce hanya menampung, dan mengatur lajur jual beli nya.

Varian Produk yag dijual dan Kemasan
     Setelah menemukan atau melihat barang yang diincar jangan langsung gegabah membayar untuk membeli, tapi coba kita perhatikan dahulu varian kosmetik yang ingin dibeli, iya ada apa engga di website resminya, atau menurut sumber-sumber terpercaya, nah ini butuh kerajinan untuk cari di internet, jangan sampai seperti contoh ponds tadi ada lipstick dan bedak padahal Brand Pond's sendiri engga menjual varian produknya yang seperti itu. Kemudian lihat kemasannya berbeda sekali apa engga, ini penting juga di lihat, misal mau beli kosmetik Brand luar, coba bandingkan dengan cara melihat Review para Beauty Blogger luar untuk melihat kemasannya sebagai pembanding. 

Perhatikan Harga Jual
     Kalau sebuah harga jatuh banget dari harga asli, itu bisa diperkirakan barang tersebut Palsu, rajin-rajinlah mengecek ke website resmi atau rekomendasi para pecinta makeup yang ada ddiforum-forum kecantikan.

Nomor Registrasi Produk dan Trusted Seller
     kalau membeli produk di Toko kosmetik pastikan produk yang ingin dibeli ada BPOMnya pertanda sudah ada izin edar untuk produk tersebut dan mengatkan bahwa produk tersebut asli adanya, tapi apabila membeli dengan online shop pastikan OS itu Trusted Seller, tapi tidak asal penjual terpercaya dengan testimonial yang banyak tapi bagaimana testimonialnya menilai produknya bukan kecepatan barang itu tiba ditempat semisal "Rekomen banget os ini, makasih barang cepat sampai" tapi yang dilihat testimonial"Produknya sesuai yang diinginkan nih" "Produknya bener ori,Thankyou sis" misal seperti itu.

Lakukan Survey (WAJIB!)
     Engga bisa dipungkiri lagi, hal utama mengetahui asli atau palsu kita engga malas mencari tau, kalau engga mau dikecewain sih ya kudu lakuin hal ini survey ke Forum Kecantikan, Komunitas Kecantikan, Beauty Blogger yang sudah melanglang buana banjir makeup, udah getol nih kepo-kepo, nyimak dan bertanya di tiga perkumpulan yang saya sebutin tadi, insyaallah deh kemungkinan ketipu beli kosmetik palsu kecil banget, karena para wanita yang berkumpul di forum,komunitas kecantikan seperti itu, mereka getol sekali sama yang namanya makeup, dan sudah ada rekomendasi tempat beli kosmetik yang terpercaya yang mereka sering beli, selain itu akan selalu up to date dengan perkembangan kosmetik, skaligus bisa sharing juga mengenai kosmetik.

Membeli Ke Disributor Resmi
     Ini merupakan cara yang paling pasnya, ke website resmi brand yang dituju, terkadang menyediakan pembelanjaan langsung ke websitenya, cuma memang sih cara ini sangat amat ribet, apa lagi kalau mau beli produknya asal luar negri.

Itulah penjabaran ala saya mengenai Kosmetik Palsu, Abal-abal, Replika dan KW, semua produk kecantikan dari ujung rambut sampe ujung kaki ada aja palsunya, apapun merk Brandnya, semakin terkenal salah satu brand, semakin tertariklah para pengusaha nakal memproduksi barang palsu, dan semakin mupeng lah para pembeli dengan gairah murah meriah.

Intinya jangan malas untuk mencari tau, kalau memang engga mau tertipu, gimana dengan kalian, ada yang pernah punya pengalaman Tertipu membeli kosmetik palsu?atau ada tips tambahan agar terhindar membeli kosmetik palsu? yuuk...sharing dikomentar bawah ^_^

Buat yang mau ngobrol"seputar kecantikan atau lainnya bisa follow saya ^_^
XOXO 
Follow my:
INSTAGRAM : @leeviahan
TWITTER: @leeviahan1
Atau juga bisa tanya langsung di Ask.Fm: Leeviahan


51 komentar:

  1. Lengkap infonya, nice post ! Kalo saya bukan korban tertipu, tapi kasih tahu ke temen2 atau sodara itu agak susah didengar. Biasanya cuek banget tmn2 padahal udh dikasih tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guutt brarti udah prduli banget sama keamanan kosmetik yg digunakan ya ^_^, bisa di share postingan ini ke saudara biar mereka tau sih ^^

      Hapus
  2. mantap vi post nya! bermanfaat bingitsss cyntttt!

    BalasHapus
  3. Olshop yg jual kosmetik palsu biasanya barang dagangannya keroyokan, dari kipas angin, kalkulator, sampe kosmetik dia jual semua. Biasanya looooh. Cmiiw

    Esybabsy.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Bener kata mak esy,hihi banyak yang begitu di e-commerce

    Plus tambahan kalo aku biasanya liat2 dagangan dy lainnya, walau barang yg aku incer terlihat sangat ori di tokonya, tapi dy juga jual barang kw/fake/abal-abal, aku milih cari olshop lain. Karena klo jual kw, biasanya hampir semua kw. IMO

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya iya iya, nice info tambahan nih, semoga kita terhindar dari pemalsuan kosmetik hehe :D

      Hapus
  5. Nice, postingan yang bermanfaat banget .. Semoga semua jadi bisa lebih sadar dan hati-hati .. ^^
    = www.misskarlina.com =

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama" cynnn~, bangettt karena menyangkut kesehatan kita juga :D

      Hapus
  6. hihihihihi Via! aku laporan ahhh kalo aku tadi ketawa pas bacanya hahahaha XD aku suka cara kamu nulis, ga bosan dibaca kata per kata nya! dan info nya bermanfaat banget! thank you yaaaaaa ^_^

    Sherry from ♕ SheemaSherry ♕ blog (www.theshimmeringsheema.blogspot.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh kamiuuu XD *PukulPukulGemes* hehe thankyouuu banget, seneng bisa bermanfaat, jadi makin semangat berbagi info nih ^_^

      Hapus
  7. Kalau beli parfum biasanya kan bilang kalau ini barang reject karena botol tergores, itu palsu juga ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat harga n bandingin sama web resmi juga hehe

      Hapus
  8. capcus cyiin~~ kamu jgn jd distributor ya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk aku distributor ciki cikian aja ahh~ 😂😂😂

      Hapus
  9. Iya banget... Dan kalo yang palsu biasanya nggak terjamin kandungan di dalamnya. Trus bilangnya ori tapi murah nya sampe keterlaluan juga patut di curigai ya...
    Nice post dear...

    -Ninneta-
    www.ninneta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa tau serbuk apaan yang dipake buat kosmetiknya hihihi, mending murah tapi udah ber bpom :D

      Hapus
  10. Bagus nih posting walaupun saya cowok tapi perlu tau juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah nyasar kesini hehe, iya bisa di share kepacarnya juga lhoo hihihi

      Hapus
  11. duhhh... benerr banget ka viiaa~~
    aku pernah tuh tergiur dan terlanjur membeli waktu masihh awam banget..
    meskipun gak ada efek buruknya buat aku, tapi aku kapok deh beli di OS yang blum tau kejelasannya.. hhihhi
    makasihh postnya ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya hati"aja sekarang mah , efek buruk mah jangka panjang :D. sama"semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  12. wow.. mantabh nih tipsnya.. plg bete itu klo ketipu beli produk yg ternyata kw tp seharga aslinya.. duh nyesek banget!!!..

    btw, pond's pernah ngeluarin bedak tp gak ky yg digambar dan gak pernah ngeluarin lipstick. he5.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama cynn~ iya tapi ini contoh gambar bedak yang ada dijual sekarang"ini wkwkwk, apa lagi harganya mahal ya ketipu deuhh gondok >_<

      Hapus
  13. Viaa,,, ini temen SMA gue bukan ya? (agak mirip mukanya)
    Kalo iya, ga nyangka ternyata kamu beauty blogger ya sekarang. (akunya yg baru sadar)
    asik nih dapet info banyak dari blog kamu.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu iya munig, wkwkk jadi malu, semoga bermanfaat yaa ^_^

      Hapus
  14. keren postnya. lengkap banget...

    BalasHapus
  15. bermanfaat bgt..makjleb karena baru kemarin beli kosmetik di salah satu web besar karena ada diskonnya, semoga ga palsu :((..ada rekomendasi website2 yg terpercaya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe amiiinnn moga ga palsu, kalau palsu mending skip di pakenya cynnn ^_^

      Xoxo
      http://leeviahan.blogspot.com

      Hapus
  16. makasih infonya, bermanfaat banget biar gak ketipu sama kosmetik abal-abal dan palsu ^^
    temenku waktu itu pernah beli pallete MAC 50k di Gmarket, dan dia bilang dengan pedenya kalo itu Asli. aku mau bilang kalo itu palsu tp gak enak, takut tersinggung xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi suruh kasih liat postingan ini aja biar tau dia :P

      Hapus
  17. Bermanfaat banget nih kak, apalagi buat orang yang baru mau coba-coba kaya aku

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. wah bermanfaat banget apalagi utk pemula seperti aku #eh XD , heheeh XD


    http://bluecattalksbeauty.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. besok besok postingan juga yaa make up dari bahan bahan alami. jadi ada alternatif lain buat tetap pakai make up dengan uang sekedarnya

    BalasHapus
  21. HARI GINI SUSAH CARI GAME ONLINE / WEB TERPERCAYA? ANDA BISA KUNJUNGI WEB KAMI DI http://bit.ly/1QULFBI
    DI JAMIN AMAN DAN TERPERCAYA DEHH. ANDA JANGAN KHAWATIR BERMAIN DI SITUS GAME MONOPOLY ONLINE KAMI
    PROSES DEPOSIT & WITHDRAW HANYA 2MENIT. DAN ANDA SUDAH BISA MENCARI GAME KAMI DI PLAY STORE.
    DENGAN MENGGUNAKAN KEYWORD MONOPOLY INDONESIA NANTI SUDAH MUNCUL GAME KAMI DENGAN JUDUL "INDOMONOPOLY"
    ANDA SUDAH BISA LANGSUNG INSTAL GAME KAMI GANN. BURUAN KUNJUNGI WEB KAMI : http://bit.ly/1QULFBI
    UNTUK KETERAGAN LEBIH LANJUT BISA HUBUGI TIM LIVECHAT KAMI YANG SANGAT RAMAH MELAYANIN ANDA.
    1.BBM Pin : 5649B320

    2.contact us : LINE : hermilyrostan

    3.cara bermain game INDOMONOPOLY di pc http://bit.ly/1R1fOPQ

    4.petunjuk unduh game INDOMONOPOLY di android http://bit.ly/1SoikP4

    5.TERSEDIA JUGA DI PLAYSTORE KHUSUS DI ANDROID ANDA http://bit.ly/22ESOcV

    6.cara daftar userid di INDOMONOPOLY http://bit.ly/1mldTZz

    7.tutorial cara bermain dan sistem potongan pada permain : http://bit.ly/1RFLt4X

    BalasHapus
  22. Makanya aku lbh suka beli di counter resmi kalo urusan makeup mbak.. males bgt kalo belinya di itc ato olshop.. bukan napa2, tapi secara aku awam bgt, drpd ketipu kan mnding beli di tempat resmi.. ini berkaitan ama kulitkan.. emg mau kulit jd rusak gara2 pake produk palsu :D.. berlaku juga utk gadget, aku paling males tuh kalo belinya di tempat2 ga jelas.. gpp deh mahal dikit, yg ptg hati tenang krn tau brg yg kita pegang asli :)

    BalasHapus
  23. saya ada beli lipstick wardah di salah satu mall besar di samarinda, langsung ke store wardahnya langsung (resmi), dan ternyata palsu.. katanya kalo mau membedakan lipstick palsu dan asli carnya: lipstick oleskan ke tangan lalu gosok pake cincin emas kalo dia berubah warna hitam atau gelap berarti palsu.. maaf kalo salah

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Hi, aku mau nanya nih.. aku mau nyoba beli Matte Ma Sleek di online shop, pas aku tanya ori atau enggak, dia jawabnya lokal...aku bingung maksudnya lokal itu gmn yah? bantu jawab ya terima kasih>.<

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. "MAC Palette 78 Copot Copot"
    Sumpah langsung salah fokus sama ini, bikin ngakak xD
    Ngebayangin pas orangnya nulis dia latah gitu LOL.

    BalasHapus
  28. This story happened around early 2000. The incident occurred in a village in the interior of the state. when the season
    togel singapore

    BalasHapus
  29. Sy ada beli wardah sun screeñ tp d ketrangannya d doble kertas gitu d box n kemasan produk naaan...
    Asli ga ya itu

    BalasHapus
  30. Cuma mau ralat istilah aja sis.. ecommerce itu istilah unk bisnis jual beli online..

    Kl tmpt jual beli dgn bnyk penjual online macam tokped, bukalpk, dll itu istilahnya marketplace.

    BalasHapus
  31. Baru kejadian di aku, berharap dapet NYX hd murah dan ORI beli di shopee gataunya palsu diliat dari kemasan yg beda dari punya temen. Yg jual ngotot klo itu ORI, alasannya beli di USA n tiap negara beda2 simbol gambar dan tulisan produknya. Yg awam jd makin bingung, apa iya seperti itu?

    BalasHapus
  32. Sekarang ada tuh yg nawarin produk palsu semua dgn merk MAC, Huda, the balm dlm bentuk palette... tp kalau diperhatikan diantara 3 produk tsb isi dan warnanya sama persis. Cma di ganti merk-nya aja. Wahhh... jahat itu cuma nebeng merk. Dan parahnya lagi YSL dgn harga 195rb udah dpt cushion, lipstik dll. ��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner sist baru aj aq chat ma penjual ysl foundie di shopee, a bil masa tu foundie harga nya 185rb,g mungkin bgt, tp dia keukeuh kalo brg nya asli

      Hapus
  33. Nanya dong ka. Mnurut kka mungkin ga ya produk yg meskipun tertera BPOM tapi ternyata palsu?

    BalasHapus