Wednesday, December 25, 2013

[B-STORY] : All About Contact Lenses


     Hello para readers apa kabar?semoga dalam keadaan baik yah...,beberapa waktu ini aku menyimak softlens makin menjamur dan mudah ditemukan dimana-mana,apa lagi yang suka pantengin grup IBB ,berbagai macam softlens direview hhaha :D
 ehmm....btw jadi flashback nih ke zaman dimana pertama kalinya aku kenal softlens itu waktu aku smp,sahabatku yang menggunakan softlens kalau dia cape menggunakan kaca matanya,iya..dulu sih softlens masih terbatas hanya yang punya min pada matanya alias mata yang bermasalah --_--,tapi kalau sekarang softlens sudah digunakan dalam berbagai macam kegiatan dan berbagai macam rupa bentuk warna dan ukuran diameternya, nah disini aku mau memberikan beberapa penjelasan mengenai contact lens atau yang sering disebut softlens.......
     Nah.., disini aku mencoba untuk memberikan detail mengenai softlens dari pengalaman aku bertahun"mengenal dan menggunakan softlens dan membaca banyak artikel mengenai softlens aku share disini hehehe :D


     Lensa Kontak atau disebut Softlens yaitu sebuah singkatan dari soft contact lens,Sesuai dengan namanya, soft = lembut/lunak  lens= lensa. Jadi kalau di artikan, adalah lensa yang nyaman dan lunak. benda ini terbuat dari hydrogel yang menyerap banyak air yang membuat sotlens lunak,bahan" pembentuk hydrogel untuk softlens yaitu hydrophilic(pengikat air).
     nah ini aku kasih penampakan salah satu contoh benda yang dibuat dari hydrogel,pernah liat kan?aku baru tau itu benda hydrogel taunya dari mainan adiku yang pernah dia beli di abang"mainan keliling,  sebelum dimasukin air, keras dan butirannya kecil,nahh pas udah di masukin ke air dan didiamkan dalam waktu yang cukup lama mengembang tuh jadi besar dan permukaannya jadi kenyal seperti ager" :D :D




      Ditemukan pertama kali oleh Leonardo Da Vinci semakin berkembangnya zaman lensa kontak makin banyak perubahan, tepatnya di tahun1970 ditemukan kelompok plastik berupa silikon-akrilat yang ternyata lebih sempurna untuk menyerap oksigen,dan penyesuaian softlens yang langsung menempel pada kornea yang mengikuti bentuk mata yang cekung pertama kali dibuat oleh ahli Optometri asal Oregon bernama Dr. George Butterfield. Inovasi lensa engga berhenti sampai situ saja,sampai akhirnya penyesuaian pada kebutuhan konsumen yang bermata normal sebagai penyempurna penampilan terus berlangsung,jadi makin banyak ragamnya ^^


ya berasa kan sekarang banyaaaak banget orang dengan mata normal menggunakan softlens,biar lebih terlihat berbeda, >.<


-TRANSPARENT LENSES/SOFTLENS BENING
     Transparent lenses atau bisa disebut softlens bening biasanya digunakan pada mata yang memiliki masalah seperti mata yang sudah mulai rabun dalam jarak tertentu alias minus,biasanya menurut survey yang pernah aku lakukan alasan mereka menggunakan softlens bening agar terlihat natural seperti mata asli, buat yang engga pede menggunakan softlens berwarna dan berkacamata bisa menggunakan lens ini ^_^

-NATURAL LOOK(BLACK/BROWN)
      Nah softlens dengan warna ini sedang booming nih dikalangan para wanita berwajah oriental awalnya,mereka kebanyakan menggunakan softlens ini untuk membuat matanya terlihat lebih besar natural sekaligus seperti mata bayi yang bulat menggemaskan dengan kornea mata yang lebih besar dari biasanya.
     tapi semakin kesini pengguna ini menyebar dikalangan manapun,nah..buat yang pingin matanya terihat besar seperti ulzzang dan artis korea nan imut"disana,bisa menggunakan tipe softlens seperti ini, tetap natural seperti mata asli ^^

-DIAMETER KECIL/NORMAL 14-14,5mm
     Selanjutnya ragam softlens tapi dengan diameter normal, kebanyakan penjual softlens dipasaran menjual softlens dengan diameter 14,2mm-14,5mm,ragam warna yang tersedia,buat kalian yang ingin mencoba softlens tapi tidak terlihat mata dolly,bisa mencoba softlens dengan diameter 14,2mm, dan yang pingin matanya terlihat seperti bule-bule alias orang eropa dengan warna mata biru,hijau bisa mencoba diameter 14,2mm tapi tanpa warna di pinggir lingkaran softlensnya,seperti contoh gambar diatas  ^^
     Selanjutnya softlens dengan diameter 14,5mm terkadang tergantung bentuk mata masing"pengguna,setelah digunakan bisa terlihat lebih besar atau biasa saja,tapi sejauh pengamatanku diameter ini masih normal kok dan diameter seperti ini paling banyak dijual dipasaran ^^

-DIAMETER BESAR 16-22mm
     Pernah lihat wanita dengan tampilan gyaru??nahh kebanyakan dari mereka menggunakan softlens dengan diameter yang lebih besar,untuk menampilkan kesan mata yang lebih besar,dan buat kamu yang ingin menonjolkan tampilan wajah imut"dengan mata bulat yang besar juga bisa menggunakan diameter 16mm,kebanyakan diameter ukuran 16mm banyak dijual di online shop kalau ditoko"optik jarang sekali yang menjual dengan diameter sebesar ini,tapi untuk masalah kenyamanan diameter seperti ini cocok-cocokan kenyamanan di mata masing"pengguna lhoo...,dan kalau kamu membeli softlens dengan diameter diatas 16mm siap-siap tebak"buah manggis nyaman apa engga nya,dan diameter sebesar itu kurang bagus untuk dijadikan pemakaian sehari" karena alasan kenyamanannya ^_^

-FANTASY CONTACT LENSES
     Pernah lihat mata orang seperti mata vampire atau saudara hantu"lainnya yang berbagai macam bentuk aneh?nahh softlens seperti ini biasanya digunakan pada acara"tertentu seperti pesta halloween,kalau digunakan sehari-hari bisa kabur orang ngeliatnya :D

     Itu tadi sekilas mengenai keberadaan softlens dan ukurannya,  selanjutnya ha-hal apa saja sih yang harus dihindari dalam menggunakan softlens, ini nih yang terkadang orang yang masih awam dalam merawat softlens suka dilupakan -_-

1. softlens kotor
     Hayoo...siapa yang males membilas softlensnya setiap habis dipakai?jangan sampe ya, kalau kalian menggunakan softlens juga harus inget mata itu bagian paaaaling sensitif yang harus dijaga sekali kebersihannya,  apa lagi menggunakan softlens,  mata kita harus jeli dalam memperhatikan debu yang menempel pada softlens sebelum memakainya biar tidak iritasi mata.

2. sobek
     Perhatikan foto diatas,bagian pinggirnya sudah tidak bulat lagi,karna sudah ada yang sobek, nah..softlens yang sudah sobek walaupun pinggirnya sobek sedikit lebih baik dibuang,karena kalau masih digunakan akan menyebabkan gesekan pada mata yang tidak baik, dan terkadang sobek kecil ditengah softlens juga harus diperhatikan lhoo ,biasanya akibat terkena kuku ketika mengambilnya dengan cara yang salah,so..softlens dengan sobekan kecil jangan dipertahan kan ya,gara" beli mahal takut mubazir tetep dipakai :D :D jangaan !

3. kaku
     Kelupaan nutup tempat softlens sampai"softlensnya kering dan sudah kaku,tenang siram air hangat direndem beberapa jam juga lunak lagi
     aaaaakkk tidaakk! jangan pernah berfikiran seperti itu, lebih baik buang,karena softlens yang sudah kaku permukaannya setelah di larutkan walaupun menjadi lunak sudah berbeda permukaannya tidak terlihat secara kasat mata, yang ada nanti bisa bermasalah pada mata kamu, ingat mata adalah jendela dunia ! jangan sampai jendelanya rusak kekunci dan engga bisa lihat indahnya dunia lagi >.<

4. kadaluarsa
     Ini yang sangat amat bangat terpenting ! cek masa kadaluarsa pada bagian box softlensnya, berbeda lagi masa kadaluarsa setelah softlens dibuka dan digunakan itu masa kadaluarsanya 6bulan setelah pemakaian awal, ada softlens pemakaian untuk sekali pakai buang,ada yang satu tahun pemakaian, jangan lupa untuk bertanya pada optik tempat kamu membelinya ya.. ^^

5. Softlens abal-abal / Palsu
     Mata berbinar-binar dan telinga setajam pendengaran kelelawar setelah mendengan salah satu optik meneriakan dagangannya
' iyaaa...neng cantik yang mau punya mata kaya artis korea, soimah pake softlens ini bisa jadi soo hye kyo, angelina sondakh berubah jadi angelina jolie ,murahh meriahh 100ribu dapat tiga pasang ..murahhh muraahhh ayoo diborong' 
     wanita mana yang tidak terhipnotis setelah mendengar harga murah yang ditawarkan,tanpa berfikir panjang menguras dompetnya,heyy para wanita !ingatah jangan asal mikir murahnya aja beli softlens,di cek dulu sudah terdaftar di depkes kah?lebih bagusnya lagi sudah diakui keberadaannya dengan award top brand,setidaknya produk itu sudah jelas adanya dan tidak membahayakan bagi konsumen.
     Lebih  parahnya lagi ada aja oknum"yang suka meraup keuntungan dengan tidak halal yaitu menjual softlens palsu yang bisa membahayakan konsumen, dan penjual softlens daur ulang aduhh makin berbahaya T_T , maka dari itu usahakan membeli softlens dittempat yang terpercaya jangan toko softlen sembarangan >.< ,intinya sih lebih teliti sebelum membeli !

6. Dibawa Tidur
aduh ngantuk,copot softlensnya nanti aja deh...zzzz
Kata-kata penunda itu yang suka bikin bablas dan sulit dihindari manusia, nona"sekalian,jangan dibiasain yahh nunda copot softlens,sesuai pengalaman eyke nih beberapa kali dalam beberapa tahun menggunakan softlens,saking capenya nunda copot softlens santai dulu ah tidur"an,ehh blasss...bablas sudah sampai pagi yang akhirnya pas dicopot mata jadi burem dan pegel, yang paling parahnya lagi pernah sampe mata merah berair dan setelah dicopot beberapa jam setelahnya mau melek aja susah sakittt banget ngilu liat cahaya mana merah pula mata melek ga bisa,dan berhari"sakit ihh kapok sekapok kapoknya aku menunda"copot softlens untung engga nempel dan berujung digotong kedokter dan melakukan operasi pencopotan softlens *amitamit*

7. Pemakaian Terlalu Lama
 alangkah indahnya softlens yang aku pakai berwarna biru ini berubah jadi warna mata asliku, *seketika keluar ide gila* ahaa! engga usah dicopot"aja,kalau perih tinggal tetes,kali-kali nanti nempel dan menyatu dengan mata dan berubah menjadi mata asliku asikkk... ^O^ *tertawabahagia tanpafikirpanjang*
 ini lebih error,jika menggunakan softlens usahakan jangan dipakai berhari"terus"an,atau jika ingin digunakan dalam waktu yang lama dalam sehari itu,jangan lupa untuk membawa obat tetes softlens bagian mata untuk menghindari softlens kering dan mata pedih, dan diusahakan untuk penggunaan softlens sehari"paling tidak harus mempunyai dua pasang softlens untuk ditukar"agar softlens yang digunakan ada masa untuk di rendam agar bersih untuk pemakaian berikutnya,selagi softlens direndam gunakan yang satunya deh,jadi tetap terjaga kebersihan softlens yang kita gunakan ^_^

8. Mengucek Mata
     Susah sih emang menghindari mata yang terganggu dari debu untuk tidak menguceknya,tapi coba dibiasakan ketika terjadi gangguan seperti ini pejamkan mata dan putar bola mata saat terpejam untuk mengurangi gangguan pada mata,atau biasakan ketika terkena debu atau terjadi gangguan pada softlens di mata tetes saja dengan cairan mata untuk mengurangi gejala yang ada.
Mengucek mata dihindari karena ditakutkan ada lapisan softlens yang sobek kecil akibat aktivitas kucek mata ini,atau gesekan softlens yang terlalu keras pada mata akan berakibat luka pada mata >.<

9. Merendam Dengan Air Mentah
      Ada saja ide"orang, tapi jangan sampai bagian mata juga di bikin ide yang semena-mena,karena cairan softlens habis untuk sementara rendam pakai air biasa saja dulu, ini pemikiran yang salah itu dapat menyebabkan rusak pada lapisan pelindung mata yang ada pada softlens,sebaiknya kalian mempunya cairan softlens cadangan yang masih tersegel ,seandainy ada kejadian yang tidak diinginkan seperti hilangnya cairan softlens karena lupa naruh, atau kehabisan tanpa sadar, kalian bisa menggunakan cadangannya yang masih tersegel itu, jadi engga nekat merendam softlens dengan air biasa ^_^

10. Debu pada Softlens Case dan Cairan Softlens
     Selain softlensnya jangan sampai lupa kebersihan tempat penyimpanan softlens,tempat penyimpanan softlens juga harus diperhatikan dan dibersihkan,karena lembab pada bagian dalam softlens case bisa menimbulkan jamur yang secara kasat mata tidak terlihat , itu jaraaang sekali orang"ngeh dengan kebersihannya, dan cairan softlens pada bagian ujung botolnya harus bersih dari debu,dan biasakan setelah digunakan langsung ditutup jangan dibiarkan terbuka,maka debu"kecil bisa masuk kedalam botol dan mencemarkan isi cairan softlens tersebut.

     Oke, kalau kalian memperhatikan sekali 10 hal yang harus dihindari pada penggunaan softlens diatas,insyaallah...pemakaian softlens akan aman dan mata tidak akan terkena dampak"buruk dari penggunaan softlens ^O^

Tapi kalau kalian maunya aja cantik dan oke dalam menggunakan softlens,tapi engga peduli sama kebersihan dan keamanannya siap siap aja kena dampak negatif softlens >.<

Foto diatas merupakan salah satu contoh iinfeksi akibat softlens,yang sebelah kiri mata normal ,sedangkan yang kanan mata merah iritasi
 
Dampak Negatif Penggunaan Softlens:
-Infeksi serius pada mata (Acanthamoeba Keratitis),bakteri yang bertumbuh dan berkembang didalam air yang terkontaminasi yakni pada tempat penyimpanan softlens.
-Cornea Ulcer adalah kondisi dimana kornea mengalami radang atau luka terbuka karena ada goresan atau luka kecil akibat pemakaian softlens yang kurang hati-hati saat memakau atau melepaskannya.
-Katarak / Kekeruhan pada mata
-Mata menjadi kering
-Mata menjadi kurang peka, karena permukaan kornea yang sangat sensiti sering tersentuh
-Alergi mata
-dan yang paling mengerikan kebutaan

Gejala yang ditimbulkan dari penggunaan Softlens :
-produksi air mata yang meningkat
-Sensitif terhadap cahaya
-Pandangan menjadi kabur
-gatal dan nyeri
Jika kalian menglami masalah seperti itu harus segera berobat kedokter yaa  :)

     Baiklah itu tadi sedikit penjelasan secara singkat mengenai pengenalan softlens,sebenarnya masih banyaaaak sekali bahasan mengenai softlens yang ingin aku share ke kalian,seperti cara memilih softlens sebelum membeli,cara menggunakan dan mencopot softlens,perawatan softlens dan masih banyak mengenai benda mungil ini,biar kalian tidak jenuh baca panjang"jadi aku batasi sampai pengenalan softlens saja, nanti akan aku update kok tenang saja,tetap sering"berkunjung keblog aku ya hehe :P
     Share yuu pengalaman kamu dalam bersoftlens ria dikolom komen bawah ini ^_^

XOXO
Follow my:
INSTAGRAM : @leeviahan
TWITTER : @leeviahan1





Beberapa sumber:

http://www.allaboutvision.com/contacts/faq/contact-materials.htm

http://kaila9d1513.wordpress.com/my-data/sejarah-softlens/

http://www.paparazieonlinews.com/2013/03/efek-penguna-softlens.html

46 comments:

  1. Menarik sekali postingannya, saya jadi terbantu utk dapat info tentang softlens. Saya menunggu postingan selanjutnya ya ttg cara memilih softlens. Saya ingin membeli softlens tapi sama sekali belum paham di mana membelinya dan jenis softlens apa yg cocok utk saya. FYI, mata saya minus.. Sementara saya jadi sdkt lebih paham ttg softlens :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou jengg ,boleh-boleh nanti saya coba bikin postingannya ya ^_^ ,belinya ditempat optik yang terpercaya ya jeng biar aman hehe,kalo buat pemula saya rasa mendingan pake softlens dengan diameter normal :)

      Delete
  2. komplit banget artikelnya,via.. :)
    aku dah pake softlens sejak tahun 2008, sampe sekarang baik-baik saja..tapi beberapa bulan terakhir ini lagi jarang banget pake, karena sekarang lg ribet..wuakaka

    defanilla.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe telimakaciiii def, kalo aku lagi bermasalah nih mata rada"kering gitu hadoohh >.<

      Delete
  3. lengkap banget infonya^^
    makasii♥
    new follower here^^ please follback., thank you♥

    ReplyDelete
  4. viii.. huahahhaa.. gue belum lama ini accident softlen ilang pas kedipin mata! HUAHAHAHA! jadi ceritanya gue mo pergi jalan dan udah clean nih smua, mule dari softlens sampe tangan udah gue cuci. udah dong, eike pasang dah tuh. eh pas nempel di mata kok rasanya gimana gitu, biasa kan ga kenapa2. yaudah, gue coba kedip dong 1x, sekalian buat naro tuh softlens biar di tengah mata. eh tiba2 pas gue buka mata.... DOENG! softlens gue ilang! gilaa panik beratt... udah kedip2 tapi ga turun juga, gue pijet" juga ga turun, sampe gue gemeteran. akhirnya turun juga tuh softlen di pinggiran mata gue setelah banyak doa dan dzikir hahaha.. abis itu gue kaga jadi pake softlens dah tuh hari :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. eyampiuuunnn itu serem banget sampe nyelip segala T_T , kering kali tuh lensnya ihh ngeri,buang tuh buaang hahahhahaha

      Delete
  5. Lengkap banget artikelnya :))
    Tapi aku sampai skg gak berani pake softlens, sekalipun >.<
    lagi katany kalo softlens buat mata yg minus silinder lbh mahal --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat mata silinder kalo saran aku sih lebih baik kaca mata karna budget softlens itu engga hanya dipakai sekali tapi berkali"karna harus diganti terus,dan kalau mau pake softlens buat acara"tertentu aja ^_^

      semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  6. kalo cowok cocok gak ya pake softlens..? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok cocok ja kok tergantung softlens apa yang digunakan ,seperti softlens bening atau yang natural black or brown,dengan diameter yang kecil alias normal ya ^_^ menurut aku sih :)

      Delete
  7. aku paling takut pake softlens sampe sekarang hehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar ga takut nanti kalau ada waktu aku coba bikin tipsnya deh hihi :D

      Delete
  8. hahaha pas jaman SMA dulu aku mulai pake softlens bening karena cape pake kacamata.,. pernah deh softlens itu nyelip di mata beberapa kali saking lembutnya '___'
    nice info Vi ^^ thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. idiih serem banget softlens bening hobi banget nyalip yahh T_T ,ga keliaatan deh itu nyelipnya kalo bening begitu hihi

      hehe thanks vee ^_^

      Delete
  9. yeaaaayy, thanks berat udh bikin artikel ini :D

    ReplyDelete
  10. aku kadang kepengen juga tuh nyoba2 circle lens yang zuper geday >16mm, cuma sayang... belom pernah nemu yang minusnya 8. Paling mentok 6. Yaudah deh, pake soflens yang beli di optik, hehe. Cuma ngeri juga sih kalau pakai terlalu sering, kasian korneanya... Akhirnya balik ke kacamata juga kalau buat daily.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhhh si moz cantiikk kemana aja,kok aku ga pernah lihat blog kk lewad di list blog aku sih??padahal kan udh prnh ak follow, --_-- ,

      iya nyamanan kaca mata dan lbh aman,softlens buat tampilan yg lebih fresh aja menurutku sih :D

      Delete
  11. nice info cee :D
    aku pengguna softlens juga tapi gamau pake yang bening :| matanya kesipitan bising nyelip *lol*
    btw mind to follow back? :DD
    http://sallyacie.blogspot.com/ thank youu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou ^_^ , iya haha kebanyakan orang cerita ke aku yang pernah pake softlens bening suka nyelip gitu ya??m ngeri kalii ituu >.<

      Delete
  12. Aku juga pake softlens diameter normal, soalnya mataku minus tapi sipit :)) Oiya yang softlens kering dan kaku ternyata ga boleh dipake ya? Wadah softlensku ada yang kurang rapat, jadi airnya abis. Aku cuci biar lunak, pas kupake lagi mata langsung merah T____T Udah nggak kupake lagi sekarang. :(

    Keren banget postingnyaa. Oiya, aku suka tema blog kamu, cute :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang aman"aja ya diameter normal hehe, iya jangan itu malah bikin mata rusak,harga softlens ga seberapa efeknya luarbiasa ihh amit*getokmeja* :D :D

      Delete
    2. ehya iya tema blog aku rada pastel gitu warnanya hehe walaupun asli empunya blog gahar kaya macan :D :D ,btw thanks ya ^_~

      Delete
  13. Aku masih setia pakai kacamata.
    *lebih aman soalnya* ^^

    http://mis-fil.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa yang setia tetaplah setia yaaa,jangan berpaling ke lain hati #eehh :D :D :D

      Delete
  14. makasih dikasih tau yaa mbak, niar kalau mau pake softlens cari yang bagus itu pun kemarin pake acuvue tapi lumayan harganya, hihihihihi :D

    eehh kalau kadaluarsanya kok yaa ndak tau model nya gimana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sama"mba, ehMm tergantung,kalau mau pae yang bening acuve bagus,yang penting cari yang jelas brandnya dan diameternya yang normal"aja biar tetap nyaman pakenya buat pemula ^_^

      iya belum tak pasangin soalnya di postingan berikutnya,karna postingan softlens masih berlanjut banyaaak haha :D

      Delete
  15. lengkap abis deh infonya :) sukabanget baca blog nya :D

    ReplyDelete
  16. Hwaaaa, informasinya lengkap dan sangat informatif sekaliiii :)
    Aku juga suka banget pake softlens, karna pakai kacamata untuk beberapa event tidak mendukung penampilan bangett.

    ohya mau recommend beli softlens di lensza.co.id, aku uda langganan sekarang disana, banyak promo menarik dan sesuai kantong hahahaa, jgn lupa sign up newsletternya ya, promonya banyak dari situuu

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. coba marek Korea "Misty Gold Mint" lensa yang 2-minggu warna coklat!! terlihat alami, apalagi sangat enak!!! hehe

    Real Korea beauty info http://grandplastic.wordpress.com

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Ka, aku baru rencana mau beli softlens. Ukurannya 14mm di onlineshop harganya 110k, tapi gadapet air obat nya. Menurut kaka gimana kalo aku beli? Kaka pernah beli softlens di optik kan? Kalo di optik, biasanya harganya berapaan ya ka? Hehehe, tolong bantuannya ka makasih

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. kak, aku kan pemula softlens. nah kemaren aku beli softlens makek cuma dapet 2 hari , nah pas hari ke 3 pas aku mau pake spftlens nya jatuh dan gk ketemu sampai besok baru ketemu. lgsung aku cuci dan rendem pakai air softlens. itu kira2 bosa dipakai nggk ya? mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, seharusnya softlens itu jangan pernah di cuci oleh air biasa. nanti bakteri dari air akan berasarang pada softlens dan mengakibatkan matamu iritasi

      Delete
  23. Waahh bagus bgt nih artikelnya, jd bisa lebih hati2 lg buat ngerawat softlens kuu^,^ btw ko kasus iritasi matanya bisa sama bgt kaya aku dulu ya:') gara2 males nyopotin softlens pas mau tidur:(

    ReplyDelete
  24. Baru nemu artikel ini, artikel yg bermanfaat. Terimakasih untuk infonya. Jadi lebih bisa beware lagi waktu pke softlens ^^

    ReplyDelete
  25. Mb aq pke soflens warna skitar smingguan mata aq iritasi merah kyk ada urat2ny merah gtu. Aq pakai tiap hr skitar 8jam pas krja.cara pakai yg aman gmn?

    ReplyDelete
  26. Mb aq pke soflens warna skitar smingguan mata aq iritasi merah kyk ada urat2ny merah gtu. Aq pakai tiap hr skitar 8jam pas krja.cara pakai yg aman gmn?

    ReplyDelete